Find Us On Social Media :

8 Ciri-Ciri Sosiologi dalam Ilmu Pengetahuan dan Pengertiannya

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat.

GridKids.id - Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari ilmu tentang perilaku masyarakat. 

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sosiologi didefinisikan sebagai pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya. 

Secara lebih spesifik, sosiologi memeriksa bagaimana manusia berperilaku dalam kelompok dan bagaimana pola-pola sosial, norma, nilai, dan institusi mempengaruhi kehidupan mereka.

Tujuan sosiologi adalah untuk memahami dan menganalisis berbagai aspek kehidupan sosial, seperti struktur sosial, perubahan sosial, konflik sosial, mobilitas sosial, identitas sosial, dan masalah-masalah sosial.

Selain itu sosiologi juga menjelaskan pola-pola perikaku masyarakat dalam bersosialisasi.

Ilmu sosiologi juga mengidentifikasi penyebab fenomena sosial dan memberi wawasan bagi pengambilan keputusan dalam bermasyarakat.

Maka dengan memahami sosiologi, kita dapat mengenali berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi masyarakat, serta berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang interaksi dan dinamika sosial.

Lalu apa yang menjadikan ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan? 

Melansir Kompas.com dan yang dikuti dari buku Sosiologi Pertanian (2023) karya Amruddin dkk, sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, karena telah memenuhi segenap unsur ilmu.

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan

1. Objek Kajian yang Khas

Baca Juga: Biografi Auguste Comte, Tokoh yang Dijuluki Sebagai Bapak Sosiologi Dunia

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dan interaksi antar individu dalam bermasyarakat.

Dalam hal ini mencakup struktur sosial, norma, nilai, institusi hingga proses sosial yang memengaruhi perilaku dan hubungan antar anggota masyarakat.