Find Us On Social Media :

Jawaban Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD: Teks Ekspresi Diri Melalui Hobi

Soal Materi Bahasa Indonesia Halaman 55 Bab 3 Tentang Ekspresi Diri Melalui Hobi

GridKids.id - Kids, sebelumnya kita sudah memahami dari pengertian dan manfaat hobi.

Selanjutnya kita akan menjawab soal latihan materi Bahasa Indonesia tentang teks "Ekspresi Diri Melalui Hobi" pada halaman 55. 

Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kosakata baru, sehingga mampu mengenali dan mengucapkan kata-kata baru yang digunakan dalam teks "Ekspresi Diri Melalui Hobi".

Pada kegiatan ini peserta didik membaca dan mengucapkan kata-kata baru yang digunakan dalam konteks topik tertentu berdasarkan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.

Teks

Ekspresi Diri Melalui Hobi

Hobi Namaku Jefri Mamantouw, kelas lima SD. Aku anak yang pintar. Nilai-nilaiku tidak pernah di bawah delapan. Pelajaran yang paling aku minati adalah Matematika, menggambar, dan keterampilan.

Sayangnya, aku tidak mempunyai banyak teman. Itu karena aku sedikit gagap dan kurang pandai berbicara. Ayahku berjualan suku cadang motor di garasi rumah kami di Kota Manado. Ayah mempunyai banyak kardus bekas yang ditumpuk di pojok garasi. Kardus tidak terpakai itu boleh kupakai.

Aku mencoba membuat sesuatu. Lebih dulu aku menggambar suatu pola di kertas. Aku lalu menjiplaknya di kardus. Aku memotong pola itu dan menempel bagian-bagiannya dengan lem super punya ayah.

Jadilah mobil-mobilan! Aku tidak berhenti sampai di situ. Aku ingin mainan yang bisa dibongkar pasang. Aku mencari tahu cara membuatnya di internet. Sepulang sekolah, aku mencoba membuat mainan kardus yang bisa dirakit tanpa menggunakan lem. Setiap minggu aku membuat satu mainan.

Model hewan, model kendaraan, dan model rumah-rumahan. Iseng-iseng, semua mainan yang kubuat itu kupasang di garasi ayah. Pada awalnya, beberapa orang dan teman yang melihat karyaku, menertawakannya.

Baca Juga: Mengenal Teks Prosedur: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Langkah-Langkah