Find Us On Social Media :

10 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli, Materi Geografi Kelas X SMA

Istilah geografi berasal dari kata 'geo' yang berarti bumi dan 'graphien' yang artinya tulisan.

GridKids.id - Apa saja pengertian geografi menurut para ahli, Kids?

Berdasarkan pada materi Geografi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka, kali ini GridKids akan mencari tahu tentang pengertian geografi menurut para ahli.

Istilah geografi berasal dari kata 'geo' yang berarti bumi dan 'graphien' yang artinya tulisan.

Sementara ilmu geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan segala fenomena yang terjadi di atasnya, termasuk interaksi manusia dengan lingkungannya.

Ilmu geografi mencakup berbagai aspek, seperti fisik geografi, manusia geografi, geografi regional, geografi ekonomi, geografi politik, dan geografi sosial.

Ilmu geografi membantu dalam memahami bagaimana lingkungan alam dan sosial saling berinteraksi serta memberikan wawasan yang penting dalam mengatasi masalah-masalah lingkungan dan perencanaan tata ruang.

Selain itu, geografi juga berkontribusi dalam bidang-bidang lain, seperti ekologi, ekonomi, kesehatan, dan ilmu politik.

Tahukah kamu? Meski disebut ilmu bumi atau ilmu tentang bumi, ternyata geografi enggak hanya mengkaji hal-hal yang berada di permukaan bumi, tetapi juga di luar angkasa, lo.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apa saja pengertian geografi menurut para ahli!

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. DaldjoeniGeografi menurut Daldjoeni adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan kepada manusia mengenai beberapa cangkupan yang terdiri atas tiga hal pokok, yaitu cangkupan spasial (ruang), cangkupan ekologi (kondisi), dan cangkupan region (wilayah).

Baca Juga: Geografi Kelas 10 SMA: Bagaimana Ilmu Geografi Dapat Membantu Manusia Mengatasi Masalahnya?