Find Us On Social Media :

Bagaimana Interaksi Antarsfera Memengaruhi Manusia? Materi Geografi Kelas X SMA

(ilustrasi) Sfera meliputi atmosfer, lapisan air, tanah, batu, dan ruang.

GridKids.id - "Bagaimana interaksi antarsfera memengaruhi manusia?"

Pada artikel ini GridKids akan menjawab pertanyaan di atas berdasarkan materi Geografi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka.

Sfera dalam pengertian geografi adalah lapisan yang terdapat di bumi, baik yang terletak di bawah permukaan bumi, di permukaan bumi, maupun di atas permukaan bumi.

Istilah 'sfera' berasal dari bahasa Portugis yaitu 'esfera' yang berarti objek bulat geometri yang sempurna seperti bola.

Nah, sfera diartikan sebagai lapisan yang ada pada bumi, terletak pada permukaan, di atas permukaan, dan di bawah permukaan bumi.

Tahukah kamu? Sfera meliputi atmosfer, lapisan air, tanah, batu, dan ruang, lo.

Sementara fenomena geosfer merupakan peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, seperti atmosfer (selubung gas), litosfer (batuan), pedosfer (tanah), biosfer (organisme hidup), hidrosfer (air), dan antroposfer (manusia).

Manusia merupakan bagian dari sfera yang lainnya yang berkaitan dengan hubungan timbal baik dengan lingkungannya atau sfera yang lain.

Manusia dalam ranah geografi mencakup penduduk, kepadatan penduduk, persebaran penduduk, kelahiran, kematian, pertumbuhan, perpindahan penduduk, dan masih banyak lagi.

Perilaku manusia dalam merespon lingkungannya seperti pemukiman dan tempat tinggal berdasarkan wilayah desa-kota, dataran tinggi-dataran rendah juga termasuk kajian geografi, ya.

Untuk mengetahui cara interaksi antarsfera memengaruhi manusia, simak informasi di bawah ini ya, Kids.

Baca Juga: Materi Geografi Kelas 10 SMA: Objek Studi Ilmu Geografi dan Penjelasannya