Find Us On Social Media :

5 Lagu Daerah Sumatra Barat dan Liriknya, Kampuang Nan Jauh di Mato hingga Bareh Solok

Kumpulan lagu-lagu Sumatera Barat

GridKids.id - Indonesia memilki banyak lagu daerah, salah satunya lagu daerah dari Provinsi Sumatra Barat. 

Lagu daerah berkembang karena nilai kebudayaan di masyarakat daerah tersebut. 

Lagu daerah juga menjadi ciri khas daerah karena menggunakan bahasa daerahnya.

Begitu juga dengan daerah Provinsi Sumatra Barat yang memiliki sejumlah lagu daerah yang cukup populer di kalangan masyarakat Pulau Sumatra dan Indonesia.

Nah, Kids, kita sebagai generasi bangsa harus melestarikan keragaman budaya daerah, misalnya mengetahui lagu-lagu Sumatra Barat dan kalau bisa kita boleh ikut menyanyikannya, lo.Berikut kumpulan-kumpulan lagu Sumatra Barat dan lirik lagunya

1. Kampuang Nan Jauah di Mato

Lagu Kampuang nan Jauah di Mato menggambarkan kisah seorang perantau yang rindu dengan kampung halamannya.

Kampuang nan jauh di mato Gunuang sansai baku liliang Takano jo kawan, kawan nan lamoSangkek basu liang suliangPanduduknya nan elok nanSuko bagotong royong Kok susah samo-samo dirasoDen takanan jo kampuang.

2. Ayam Den LapehArti dari lagu ini ternyata begitu mendalam, yakni menceritakan tentang seseorang yang kehilangan sesuatu yang berharga.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Bebilin' serta Artinya, Lagu Daerah dari Kalimantan Utara

Lirik lagu Ayam Den LapehLuruihlah jalan PayakumbuahLurus jalan menuju PayakumbuhBabelok jalan Kayu JatiBerbelok jalan Kayu JatiDima hati indak kan rusuahBagaimana hari tidak rusuhAyam den lapeh, ohoi ... ayam den lapehAyamku Lepas, ohoi ... Ayamku LepasMandaki jalan Pandai sikekMenanjak jalan ke Pandai SikekManurun jalan ka BiaroMenurun jalan ke BiaraDi ma hati indak maupekBagaimana hati tidaklah kesalAwak takicuah, ohoi ... ayam den lapehAku terkecoh, ohoi ... Ayamku LepasSikua capang sikua capehSeekor cacat karena berlebih, seekor cacat karena kurangSaikua tabang sikua lapehSeekor terbang seekor lepasTabanglah juo nan karimboTerbang jauh ke dalam hutanAi lah malang juoOh malang nyaPagaruyuang jo BatusangkaPagaruyung dan BatusangkarTampek mandaki dek urang BasoTempat mendaki / berjalan orang BasoDuduak tamanuang tiok sabantaDuduk bermenung berkali-kaliOi takana juoOh teringat selalu

3. Ka Parak Tingga