Find Us On Social Media :

6 Keuntungan Indonesia Bergabung dalam ASEAN serta Penjelasannya

ASEAN merupakan organisasi geopolitik yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara.

GridKids.id - Salah satu organisasi yang diikuti oleh Indonesia adalah ASEAN.

ASEAN merupakan organisasi geopolitik yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara.

Melansir dari kompas.com, berdirinya ASEAN dipelopori atas dasar kesamaan letak geografis, persamaan kebudayaan, dan persamaan nasib.

Organsasi ASEAN resmi dibentuk pada 8 Agustus 1967 dan bertujuan untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera.

Tahukah kamu? Pada mulanya ASEAN hanya terdiri dari lima negara yang tergabung sebagai pendiri, yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Kini negara-negara yang tergabung dalam ASEAN ialah Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Nah, diketahui prinsip negara anggota ASEAN adalah saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, keutuhan wilayah, dan identitas nasional semua bangsa.

Perlu diketahui bahwa setiap negara yang tergabung dalam ASEAN akan melaksanakan kerja sama dengan negara anggota lainnya.

Kerja sama ASEAN mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, industri, ilmu pengetahuan dan teknologi, hingga sosial dan politik, lo.

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja keuntungan Indonesia bergabung dengan organisasi ASEAN, simak informasi di bawah ini.

1. Meningkatkan Pengaruh dan Peran Indonesia di Kawasan Global

Baca Juga: 6 Keuntungan Indonesia Sebagai Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)