Find Us On Social Media :

Tak Hanya Anjing, Serigala Juga Bisa Mengenali dan Merespons Suara Manusia

Anjing dan serigala termasuk dalam spesies Canis lupus.

GridKids.id - Anjing memilki kemampuan membedakan suara pemilkinya, namun ternyata tak hanya anjing saja, serigala juga salah satu hewan yang bisa mengenali suara manusia. 

Serigala dikenal sebagai salah satu hewan yang cukup ditakuti, meski jarang menyerang manusia namun mereka banyak menyerang hewan peliharaan dan ternak yang dimiliki manusia.

Serigala juga memiliki beberapa kemiripan fisik dengan anjing, namun sifatnya lebih liar.

Tak mengherankan jika serigala memiliki beberapa kemiripan dengan anjing, karena dua hewan ini masih berasal dari satu kelaurga yang sama, yakni Canis.

Faktanya, serigala menjadi anggota terbesar dalam genus Canis dan memiliki hubungan menarik dengan manusia. Menurut penelitian yang berimplikasi pada kisah domestikasi anjing dan pemahaman kita yang lebih luas tentang alam.

Holly Root-Gutteridge dari University of Lincoln, rekan penulis makalah yang muncul di Animal Cognition minggu ini, mengatakan kepada AFP bahwa teori lama menyatakan bahwa kemampuan anjing untuk membedakan suara manusia ialah konsekuensi dari generasi pemuliaan selektif.

"Jadi kami ingin melihat serigala, karena jelas belum ada yang menyeleksi agar serigala bisa mengenali suara manusia," ujarnya.

Root-Gutteridge dan rekannya melakukan eksperimen di lima kebun binatang dan taman margasatwa di Spanyol, melibatkan total 24 serigala abu-abu, jantan dan betina, berusia antara satu hingga 13 tahun. Tim menyiapkan pengeras suara. 

Dalam pengamatan, para peneliti memainkan suara sejumlah orang asing pada hewan yang akan terbiasa.

Dengan kata lain, ini membuat serigala bosan, karena memutuskan itu tak penting.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Serigala, Salah Satunya Punya Cara Komunikasi Unik

Kemudian, mereka memainkan serigala dengan suara penjaga mereka yang akan mengatakan hal-hal yang akrab bagi mereka dalam bahasa Spanyol.