Find Us On Social Media :

4 Tingkatan Norma dalam Kehidupan Bermasyarakat

Norma adalah ebagai aturan maupun ketentuan yang sifatnya mengikat suatu kelompok orang

GridKids.id - Norma adalah suatu aturan atau kaidah yang berkembang dalam masyarakat secara turun-temurun yang diyakini sebagai sesuatu yang dinilai baik.

Norma sebagai norma yang turum-temurun dan tak diturunkan secara langsung di suatu komunitas.

Norma juga dijadikan sebagai pegangan hidup yang berjalan dan berlaku.

Umumnya masyarakat tak mau mengubah norma karena takut berkurangnya keberuntungan atau juga takut terjadi bencana yang melanda kehidupan mereka.

Norma yang terdapat lingkungan masyarkat terdapat empat tingkatan norma yaitu norma cara, kebiasaan, tata kelakuan, dan adat istiadat. 

1. Norma Cara atau Usage

Norma jenis ini adalah norm jenis tingkat paling lemah karena sanksi yang diberikan kepada pelaku pelanggar hanya berupa cemoohan.

Contohnya, kamu sedang makan dan tak boleh berbicara, jika kamu melanggarnya kamu akan ditegur atau diperingati oleh orang-orang disekitar.

2. Norma Kebiasaan atau Folkways 

Norma jenis kebiasaan lebih kuat dari jenis norma cara atau usage, karena merupakan suatu aturan yang dilakukan secara berulang-berulang.

Contohnya, seseorang yang lebih muda harus menghormati yang lebih tua.

Jika norma tersebut dilanggar maka sanksi yang diterima akan berbeda-beda tergantung seberapa sering kita melakukan hal tersebut dan apakah ada niat untuk merubah diri menjadi lebih baik.