Find Us On Social Media :

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli: Kategori Pustakawan dan Tugas-tugasnya

7 Juli tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pustakawan Nasional yang menjadi bentuk apresiasi bagi profesi yang penting bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah ini.

GridKids.id - Hai, Kids, tahukah kamu bahwa 7 Juli hari ini diperingati sebagai Hari Pustakawan Nasional?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pustakawan adalah orang yang bekerja di bidang perpustakaan atau seseorang yang ahli di bidang perpustakaan.

Jadi intinya profesi Pustakawan merupakan tenaga profesional yang sudah terlatih dan dididik untuk bisa terampil dalam berbagai hal terkait kepustakaan.

Nah, penetapan 7 Juli tiap tahunnya sebagai Hari Pustakawan Nasional sudah diberlakukan sejak 1990 silam, Kids.

Hari Pustakawan Nasional merupakan bentuk harapan supaya profesi pustakawan muda bisa lebih dihargai dan dipandang oleh masyarakat luas.

Kini perkembangan teknologi yang makin efisien mendorong pustakawan untuk menyesuaikan diri dan bersikap harmonis dengan berbagai perubahan dan manajemen koleksi pustaka yang dikelolanya.

Selanjutnya kamu akan diajak melihat seperti apa profesi pustakawan di Indonesia, Kids. Seperti apa jenis dan gambaran tugasnya, ya?

Kategori Pustakawan dan Tugas-Tugasnya

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kredit, masing-masing kategori pustakawan punya tugas-tugas pokok, sebagai berikut:

1. Tugas Pustakawan Tingkat Ahli

- melakukan perencanaan penyelenggaraan kegiatan perpustakaan

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan serta Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya