Find Us On Social Media :

Apakah Manusia Bisa Menggerakkan Telinga? Ini Penjelasannya

Setiap manusia memiliki otot yang bisa digunakan untuk menggerakkan telinga kita

GridKids.id - Setiap orang memilki otot-otot pada telinga. Otot-otot di dalam dan di sekitar telinga manusia dapat bergerak sebagai respons terhadap banyak hal.

Kemampuan ini dinilai sama seperti kemampuan untuk melipat lidah ataupun menjilat hidung.

Sayangnya, tak semua orang terlahir dapat menggerakkan telinganya. 

Dalam sebuah penelitian, menunjukkan kemampuan seseorang menggerakkan telinga hanya sampai batas tertentu.

Tetapi hanya beberapa orang yang memiliki sifat yang memungkinkan mereka menggerakkan telinga lebih mudah daripada yang lain.

Seorang peneliti yang bernama Strauss mengatakan bahwa otot disekitar telinga memang cukup kuat dan bisa memungkinkan untuk telinga bergerak.

Strauss juga menyebut bahwa ada kemungkinan seseorang bisa menggerakkan telinganya karena memilki gen keturunan dari orangtua.

Sebuah studi yang menilai kemampuan menggerakkan telinga dari 174 orang ini menemukan bahwa hampir tiga dari empat (74 persen) orang yang bisa menggerakkan telinganya memiliki orang tua yang memiliki kemampuan yang sama.

Melalui penelitiannya, Strauss berhipotesis bahwa manusia telah mempertahankan sistem orientasi pinna vestigial mereka yang bertahan sebagai fosil saraf di dalam otak.

Sementara itu struktur vestigial adalah pelengkap tubuh manusia yang telah kehilangan fungsinya seiring berjalannya waktu, seperti gigi bungsu dan tulang ekor.

Baca Juga: 5 Kesalahan saat Membersihkan Telinga, Salah Satunya Terlalu Sering

Sayangnya, hanya ada sedikit penelitian yang membahas apakah kemampuan menggerakkan telinga merupakan keturunan.