Find Us On Social Media :

Mengenal Jurusan DKV dan Prospek Kerjanya di Masa Depan, Sudah Tahu?

Jurusan DKV adalah salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan saat ini. Apa saja yang dipelajari di salah satu cabang ilmu seni terapan ini?

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui tentang jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)?

DKV adalah salah satu jurusan kuliah yang kini makin banyak diminati seiring perkembangan teknologi dan media.

DKV menjadi salah satu bidang ilmu yang mendukung pembelajaran tentang cara menyusun elemen informasi dalam bentuk visual yang menarik.

Dilansir dari laman portaldekave.com, DKV adalah salah satu cabang ilmu di bidang seni terapan yang mendorong visual yang estetik dan kebermanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum dikenal dengan nama DKV, jurusan kuliah yang satu ini lebih dikenal dengan desain grafis.

Umumnya ketika kamu memilih jurusan DKV sebagai jurusan kuliah maka kamu akan belajar menyusun elemen visual dengan prinsip-prinsip ptertentu sehingga penonton atau audiens akan menerima informasi secara tepat.

Dengan penyampaian informasi yang efektif, diharapkan akan ada umpan balik sesuai tujuan pembuatan informasi visual tersebut.

Biasanya di tahap awal perkuliahan di jurusan DKV, mahasiswa/i akan dituntut bisa memahami prinsip dasar sekaligus menguasai cara mengolah unsur desain sebuah visual yang baik.

Di jurusan ini, para mahasiswa/inya akan memiliki ruang untuk mengeksplorasi kemampuan menggambar, membuat ilustrasi, fotogravi, videografi, desain gravis, sinema, tipografi, hingga menguasai desain website.

Namun, yang enggak kalah penting dipelajari di jurusan DKV adalah proses komunikasi dan penyampaian informasi yang dibentuk secara visual dengan tambahan audio hingga video.

Lalu, apa saja prospek kerja bagi lulusan DKV yang perlu kamu ketahui dan pertimbangkan?

Baca Juga: Rekomendasi 10 Universitas Swasta dan Negeri dengan Jurusan DKV Terbaik di Indonesia