Find Us On Social Media :

Pendidikan Lingkungan Hidup : Pengertian, Tujuan, dan Prinsipnya

Pendidikan lingkungan hidup adalah padangan seseorang terhadap lingkungan dan meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan

GridKids.id - Masalah lingkungan hidup yang dihadapi masyarakat khususnya di kota besar sudah menjadi masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Ketidakpedulian lingkungan diisebabkan oleh berbagai sebab, salah satunya adalah kurangnya pendidikan.

Maka dari itu, perlu adanya pendidikan tentang lingkungan hidup yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat.

Pengertian Pendidikan Lingkungan Hidup

Menurut UU RI No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, disebutkan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dalam semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lain.

Pendidikan Lingkungan Hidup adalah kesadaran populasi manusia yang peduli akan lingkungan hidup dan segala masalah yang berkaitan dengan makhluk hidup dan lingkungan. 

Dalam hal ini masyarakat harus memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan tingkah laku, motivasi serta komitmen untuk bekerja sama, baik secara individu maupun secara kolektif, untuk dapat memecahkan berbagai masalah lingkungan saat ini, dan mencegah timbulnya masalah baru.

Pendidikan lingkungan hidup juga mengubah pola pikir dan perilaku seseorang terhadap lingkungan.

Yang tadinya seseorang buang sampah sembarangan setelah mengerti pendidikan lingkungan hidup jadi menjaga kebersihan dan tak membuang sembarangan. 

Tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup 

Adapun tujuan pendidikan lingkupan sebagai berikut:

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini 6 Langkah Melestarikan Lingkungan ala Pelajar #AkuBacaAkuTahu