Find Us On Social Media :

10 Fakta Ilmiah Lutung Jawa, Primata Endemik Indonesia Bertubuh Kecil #AkuBacaAkuTahu

Lutung Jawa adalah salah satu spesies primata yang banyak ditemukan di Indonesia.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat lutung di alam liar?

Lutung adalah salah satu satwa yang sering dianggap mirip dengan monyet.

Saking miripnya, lutung kadang disamakan dengan monyet padahal sebenarnya ciri dan perilaku lutung berbeda dengan monyet, lo.

Lutung yang punya nama latin Trachyphithecus auratus ini termasuk salah satu satwa yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Di Pulau Jawa terdapat satu spesies lutung yang mudah ditemukan, yaitu Lutung Jawa.

Lutung Jawa dikenal sebagai salah satu hewan atau satwa endemik Pulau Jawa yang dikenal juga dengan berbagai nama seperti Lutung Budeng, petu, hirengan, hingga Ebony Leaf Monkey.

Dilansir dari laman rimbakita.com, meski dinamai sebagai lutung Jawa, nyatanya satwa ini enggak hanya ditemui di Pulau Jawa saja sehingga mendorong lahirnya banyak subspesies lutung baru.

Berdasarkan persebarannya di Indonesia, Lutung Jawa terbagi lagi jadi dua sub-spesies, yaitu Trachypithecus auratus auratus dan Trachypithecus auratus mauritius.

Trachypithecus auratus auratus (Spangled Langur Ebony) adalah subspesies lutung yang hidup di daerah Jawa Timur, Bali, Lombok, P. Sempu, dan Nusa Barung.

Sedangkan Trachypithecus auratus mauritius ditemukan di Pulau Jawa dalam jumlah yang cukup terbatas seperti di Jawa Barat dan Banten.

Lalu, apa saja fakta ilmiah tentang Lutung Jawa yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak sama-sama poin pentingnya berikut ini.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Indonesia yang Ditemukan di Pulau Sumatera, Salah Satunya Monyet Kedih