Find Us On Social Media :

Materi Bahasa Indonesia Kelas V : Pengertian Kata Sifat, Fungsi dan Ciri-cirinya

Kata sifat adalah kata yang bisa menerangkan sifat, keadaan watak dan juga tabiat orang atau binatang atau benda

GridKids.id - Para pelajar sebentar lagi akan memasuki semester ganjil tahun ajaran baru 2023/2024.

Nah, memasuki ajaran baru 2023/2024 GridKids akan membahas tentang materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas V semester ganjil.

Kali ini kita akan mambahas pengertian kata sifat, fungsi dan ciri-cirinya.

Sebelum memasuki Bab 1, sebelumnya GridKids ingin memberitahukan tujuan pembelajaran di awal Bab ini.

Bab ini akan mengajarkan kalian untuk menjadi peserta didik yang percaya diri dalam mengenal karakter unik yang kalian miliki hingga menghargai karakter unik teman kalian.

Bab 1 berjudul "Aku yang Unik". Unsur kebahasaan yang akan kalian pelajari pada bab ini adalah kata sifat, sinonim dan antonim, makna awalan pe-, kalimat majemuk setara, penulisan teks deskripsi.

Kali ini kita akan membahas kata sifat. Selain untuk mendeskripsikan benda, kata sifat biasanya digunakan untuk menggambarkan karakter atau sikap seseorang.

Pengertian Kata Sifat

Kata sifat memberikan informasi berupa ukuran, bentuk, usia, warna suatu benda atau bisa juga menggambarkan sifat seseorang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata sifat atau adjektiva adalah kata yang bisa menerangkan nomina atau kata benda dan secara umum akan bisa bergabung dengan kata lebih dan sangat.

Kata sifat juga bisa diartikan sebagai kelas kata yang mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya juga akan turut serta menjelaskan dan membuatnya menjadi lebih spesifik.

Baca Juga: Fungsi-Fungsi Kata Sifat Adjektiva dan Contoh Kalimatnya, Apa Saja?

Kata yang menjelaskan sifat, keadaan, watak, maupun karakteristik obyek dan subyek. Dalam penyusunan kalimat, lazimnya kata sifat berfungsi sebagai predikat, obyek, dan penjelas subyek.