Find Us On Social Media :

Awal Mula Lahirnya Peradaban Cina Kuno dan Gambaran Kehidupan Masyarakatnya

Peradaban Cina Kuno lahir dari sebuah masyarakat agraris yang tinggal di lembah dimana dua sungai besar bertemu, yaitu Sungai Kuning dan Sungai Yangtze.

GridKids.id - Halo, Kids, kembali lagi bersama GridKids untuk membahas peradaban-peradaban kuno dunia.

Jika pada kesempatan sebelumnya kamu sudah diajak mengenal peradaban mesopotamia dan peradaban persia, kini kamu akan diajak mengenal peradaban Cina Kuno nih, Kids.

Dalam buku berjudul Peradaban Cina Kuno (2019) karya N. Fardhilah membahas tentang awal mula dari salah satu peradaban tertua di dunia ini.

Peradaban Cina Kuno telah melahirkan banyak budaya yang penting bagi umat manusia seperti kertas, teh, kain sutra, hingga jam mekanik.

Melihat kembali ke awal mulanya, wilayah Cina terdiri dari gunung, padang atau hamparan pasir, juga laut.

Selama ribuan tahun, masyarakat Cina Kuno tertutup dari pengaruh dunia luar.

Hal ini jugalah yang memengaruhi perkembangan cara hidup di Cina Kuno berbeda dari peradaban kuno lainnya di dunia.

Sejak sekitar 5.000 SM atau zaman Neolithikum, masyarakat Cina Kuno sudah mengupayakan pertaniannya sendiri.

Pusat usaha pertanian rakyat bermuara di lembah Sungai Kuning, di mana ditanam berbagai macam sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, juga mengembangkan peternakan seperti babi, ayam, juga anjing.

Lalu, di sepanjang sungai Yangtze yang hangat juga dingin, masyarakat Cina Kuno mengembangkan pertanian padi sebagai bahan pangan pokok.

Nah, kebudayaan masyarakat Cina Kuno yang bertani ini dikenal dengan kebudayaan Yangshao. Peradaban Cina Kuno lahir di lembah sungai Kuning dan sungai Yangtze.

Baca Juga: 7 Daftar Negara dengan Peradaban Tertua di Dunia, Bukan hanya Yunani