Find Us On Social Media :

Fakta Unik Paus Orca, Mamalia Laut yang Dikenal Cerdas

Di dunia mamalia laut, Paus Orca juga termasuk salah satu predator teratas

GridKids.id - Paus orca temasuk salah satu mamalia laut. Tubuh paus orca dihiasi warna hitam dan putih, menjadikan hal ini sebagai salah satu ciri khasnya.Orca merupakan seekor paus yang dianggap sebagai predator puncak yang memburu ikan hingga paus biru yang besar. Itulah mengapa orca dijuluki sebagai paus pembunuh.Julukan orca sebagai 'assesina ballenas' atau 'pembunuh paus' diberikan oleh pelaut kuno yang melihat hewan ini memburu paus.

Bahkan, nama latin mereka yakni Orcinus orca yang secara harfiah diterjemahkan menjadi 'raja kematian'.Begitulah mereka dikenal sebagai paus pembunuh dan digambarkan sebagai malaikat pencabut nyawa atau 'Grim Reaper' di lautan.

Secara fisik, paus orca memiliki berat hingga 10 ton. Paus orca memiliki otot dan gigi yang ramping dan dapat dengan cepat melampaui kecepatan kapal pesiar balap.Tercatat sejak Juli 2020 terjadi ratusan kali pertarungan orca dengan perahu yang sebagian besar perahu adalah perahu layar, yang kerusakannya banyak terjadi pada kemudi.Dalam pertarungan ini, sekelompok orca akan mengikuti kapal pesiar kembali ke pelabuhan setelah mematahkan kemudinya.Namun serangan paus pembunuh ini tak terjadi pada manusia di alam liar.

Sehingga kemungkinan sumber kemarahan orca ada di perahu, bukan pelaut.Fenomena ini menjadi salah satu petunjuk kecerdasan orca bagaimana dia merespons situasi di lingkungannya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Paus Orca, Predator Pemburu yang Memangsa Sesama Paus

Nah, selain itu ada fakta unik lainnya yang menunjukan kecerdasaan paus orca. Simak penjelasannya.

1. Mengembangkan Perilaku Budaya

Pada musim panas 1987, seekor orca betina di daerah Puget Sound, AS, terciduk membawa ikan salmon mati di kepalanya.

Beberapa minggu kemudian, dua orca di sekitar kawasan tersebut melakukan hal yang sama selama lima atau enam minggu.

Temuan ini membuktikan orca bisa belajar dari satu sama lain karena ia cukup cekatan.  Hal ini juga menjadi budaya di antara mereka.

2. Berbicara "Bahasa" manusia

Beberapa tahun lalu ada seekor paus orca bernama Wikie yang mampu mengucapkan kata-kata manusia.