Find Us On Social Media :

Membandingkan Informasi dalam Komik dan Berita Serupa, Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA

Pada artikel BDR kali ini kamu akan diajak membandingkan informasi yang tertera pada komik dan berita-berita dengan tema serupa.

GridKids.id - Hai, Kids, kembali lagi dengan materi Belajar dari Rumah (BDR) Bahasa Indonesia kelas 10 SMA.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak mengenal struktur dari teks anekdot dan mencoba menerapkannya setelah membaca teks anekdot berjudul "Perundungan tanda sayang".

Nah, pada artikel BDR kali ini kamu juga masih akan membahas tentang akurasi teks anekdot sebagai teks kritik terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat.

Anekdot yang dibuat sebagai bentuk kritik enggak bisa lepas dari keakuratan sumber informasi atau fenomena yang berhasil diangkat.

Para pembacanya juga harus punya sumber informasi yang memadai supaya bisa menentukan apakah informasi yang disampaikan berupa fakta, opini, atau malah sebuah asumsi.

Dengan melakukan perbandingan terhadap beberapa informasi ini maka akan diperoleh sumber yang lebih akurat dan kredibel ketika menyampaikan sebuah kritik sosial.

Dalam buku materi bahasa Indonesia kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud hlm. 35-37 kamu diajak mencermati dua teks berita yang berkaitan dengan komik berjudul "Ponsel Mencandu" di hlm. 34.

Yuk, cermati bersama-sama teks beritanya lalu tulis perbandingan antara komik dan beritanya.

Identifikasi Perbandingan Informasi antara Komik dan Teks Berita

Informasi yang sama (Komik, Berita 1, Berita 2)

1. Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr. Arif Zainudin, Solo, Jawa Tengah

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Teks Anekdot 'Yang Penting Keren', Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA