Find Us On Social Media :

Ilmu Ekonomi Kelas X SMA: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli serta Tujuannya

Menurut J. S. Mill, ilmu ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

GridKids.id - Apa saja pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, Kids?

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang alasan manusia membutuhkan ilmu ekonomi.

Nah, berdasarkan materi Ilmu Ekonomi kelas X SMA pada buku Kurikulum Merdeka, kali ini GridKids akan mencari tahu pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli.

Menurut KBBI, ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang bisa digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang pengetahuan.

Sementara ekonomi ialah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan).

Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'okonomia' yang berarti ilmu yang memelajari cara manusia memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang tersedia.

Tahukah kamu? Awalnya manusia memenuhi kebutuhannya dengan cara berburu dan meramu, lo.

Sistem barter tercipta saat manusia menetap di suatu tempat dengan bercocok tanam dan beternak, ya.

Sistem barter memudahkan manusia untuk mendapatkan suatu barang tanpa harus bersusah payah berburu atau mengandalkan hasil cocok tanam dan ternaknya sendiri.

Seiring berkembangnya peradaban, manusia menemukan satuan alat hitung dalam sistem perdagangan yang sekarang kita kenal dengan sebutan uang.

Nah, dengan kejelasan satuan alat hitung, maka manusia semakin mudah dalam mendapatkan barang atau jasa yang mereka butuhkan.

Baca Juga: IPS Kelas X SMA: Bagaimana Ilmu Ekonomi Menjelaskan Upaya Manusia dalam Memenuhi Kebutuhannya?