Find Us On Social Media :

5 Manfaat Positif Jika Memelihara Hewan Peliharaan, Salah Satunya Hilangkan Stres

memelihara hewan peliharaan dapat mendatangkan hal baik.

GridKids.id - Kids, apa kamu mempunyai hewan peliharaan di rumah?

Mungkin beberapa orang menginginkan memelihara hewan peliharaan di rumah.

Namun karena beberapa alasan dan kondisi, beberapa orang justru enggak bisa memelihara hewan peliharaan.

Padahal merawat hewan peliharaan memiliki banyak manfaat, lo.

Memelihara hewan seperti kucing, anjing atau ikan akan membuat kita lebih produktif untuk memeliharanya.

Apa saja manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah? Yuk, kita simak di sini!

1. Menghilangkan StresSalah satu manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah adalah dapat menghilangkan cemas dan stres.Dengan bermain bersama hewan peliharaan akan menurunkan kortisol dan meningkatkan hormon serotonin, dopamin dan oksitosin yang menjadikan perasaan rileks dan bahagia.2. Melatih Diri untuk Disiplin dan Bertanggung JawabMemiliki hewan peliharaan juga dapat melatih diri untuk disiplin dan bertanggung jawab.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kucing Suka Melihat Pemiliknya yang Sedang Tertidur

Yang mana kamu harus bertanggung jawab untuk memberi hewan peliharaan makanan.

Selain itu, kita juga harus bertanggung jawab terhadap tempat tinggal, mengatur jadwal untuk konsultasi ke dokter hingga membersihkan kandang hewan peliharaan.3. Menjaga Kesehatan JantungSalah satu manfaat memiliki hewan peliharaan adalah dapat menjaga kesehatan jantung kita.Ada suatu penelitian yang menyebutkan bahwa pengidap serangan jantung yang memiliki hewan peliharaan dapat lebih bertahan lama daripada yang enggak punya.Pemilik hewan peliharaan juga dapat menurunkan risiko jantung, obesitas, tekanan darah dan kolesterol melalui kegiatan fisik yang dilakukan bersama hewan peliharaan.

4. Mengoptimalkan Kerja OtakAdapun beberapa manfaat lainnya saat memiliki hewan peliharaan yaitu dapat mengoptimalkan kerja otak.Hal ini dapat menajamkan fungai kognitif pada otak serta kemampuan mengasah belajar dan bekerja.Yap, fungsi kognitif otak melingkupi kemampuan untuk berpikir, mengingat, memecahkan masalah dan berbahasa.5. Baik untuk Pemulihan Pasca Pengobatan Kanker

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Ikan, Kelompok Hewan yang Paling Beragam di Dunia