Find Us On Social Media :

Sosiologi Kelas X SMA: Apakah Terdapat Kaitan antara Masalah Sosial dan Pelapisan Sosial?

Masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus.

GridKids.id - Pada artikel ini kita masih membahas materi Sosiologi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka tentang pelapisan.

Nah, kita akan menjawab pertanyaan, yaitu "Apakah terdapat kaitan antara masalah sosial dan pelapisan sosial?".

Masalah sosial merupakan suatu proses ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Sementara menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus, seperti pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan tokoh masyarakat.

Diketahui bahwa masalah sosial bisa dikelompokkan menjadi empat jenis faktor, yaitu faktor ekonomi, faktor budaya, faktor biologis, dan faktor psikologis.

Sementara pengertian pelapisan sosial menurut Pitirim A.Sorokin ialah penggolongan masyarakat yang terbagi untuk menempati posisi kelas sosial yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah atau bisa dikatakan enggak setara.

Sederhananya pelapisan sosial dipahami sebagai pembedaan penduduk atau para warga masyarakat ke dalam kelas secara hierarkis atau bertingkat.

Ada tujuh jenis atau dasar pembentuk pelapisan sosial yang enggak semua orang bisa memilikinya, yaitu kekayaan, kekuasaan, kehormatan, keturunan, pendidikan, status sosial, dan gaya hidup.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui referensi jawaban apakah terdapat kaitan antara masalah sosial dan pelapisan sosial, ya.

Apakah Terdapat Kaitan antara Masalah Sosial dan Pelapisan Sosial?

Baca Juga: Sosiologi Kelas X SMA: Pengertian dan Jenis-Jenis Diferensiasi Sosial