Find Us On Social Media :

Mengenal Reaksi Kimia Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Proses fotosintesis adalah cara tumbuhan hijau mendapat makanan dengan menghasilkan karbohidrat dan oksigen

GridKids.id - Reaksi kimia fotosintesis merupakan cara tumbuhan untuk memproduksi energi kimia yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan.

Proses fotosintesis merupakan pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari.

Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis sehingga kebutuhan nutrisnya terpenuhi. 

Klorofil sendiri merupakan pigmen pada tumbuhan hijau yang berfungsi menangkap sinar matahari lalu dikonversi menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Dalam fotosintesis, energi cahaya matahari bereaksi dengan enam molekul karbon dioksida (CO2) dan enam molekul air (H2O) untuk menghasilkan satu molekul glukosa (C6H12O6) dan enam molekul oksigen (O2).

Dengan persamaan: 6CO2 + 6H2O + cahaya = C6H12O6 + 6O2 Dari hasil tersebut CO2 dikonversikan menjadi glukosa padat untuk dikonsumsi tumbuhan bersama dengan air.

Sedangkan oksigen (O2) dilepaskan ke udara.Reaksi Kimia Fotosinstesis

 reaksi kimia fotosintesis yang Kids, harus ketahui:
 
Karbon dioksida (CO₂) akan diambil oleh tumbuhan dari udara bebas melalui stomata.
 
Sementara itu, air (6H₂O) diambil dari dari dalam tanah oleh akar dan diangkut ke daun melalui pembuluh kayu (xilem).
 
Saat cahaya matahari muncul, zat klorofil pada daun akan menyerap cahaya tersebut sebagai energi utama dalam pembuatan glukosa.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Semakin tinggi intensitas cahaya, laju fotosintesis semakin meningkat. Cahaya matahari juga memengaruhi pembentukan klorofil.
 
 
 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.