Find Us On Social Media :

Sosiologi Kelas X SMA: Mengenal Teori Identitas Sosial dan Motivasinya

Penentuan identitas sosial adalah kelompok di mana mereka bergabung.

GridKids.id - Kids, pada artikel ini kita masih membahas tentang materi Sosiologi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka, yaitu identitas sosial.

Identitas sosial merupakan suatu bagian dari konsep diri seseorang yang bersumber dari pengetahuan selama dalam kelompok sosial tertentu.

Tahukah kamu? Penentuan identitas sosial adalah kelompok di mana mereka bergabung, ya.

Nah, identitas sosial seorang individu terbentuk akibat adanya proses sosial yang membedakannya dengan orang lain berdasarkan ciri sosial yang dimilikinya.

Secara umum, fungsi identitas sosial bagi individu dan kelompok adalah memudahkan terbentuknya kerja sama dan solidaritas dalam kelompok sosial.

Tak hanya itu, identitas sosial juga berfungsi membantu menemukan jati diri dari mana dia berasal melalui cara berpikir dan bertindak.

Menurut Baron, ada beberapa aspek atau dimensi identitas sosial, yaitu keyakinan saling terkait, daya tarik in-group, persepsi dalam konteks antarkelompok, dan depersonalisasi.

Sementara komponen identitas sosial menurut Tajfel, yakni komponen evaluatif, komponen kognitif, dan komponen emosional.

Lalu, apa saja teori-teori identitas sosial, Kids? Simak informasi berikut ini untuk mengetahui teori identitas sosial, ya.

Mengenal Teori Identitas Sosial

Teori identitas sosial adalah bagian dari konsep diri seseorang akibat persepsi yang sesuai dengan keanggotaannya dalam sebuah kelompok sosial.

Baca Juga: Sosiologi Kelas X SMA: 4 Dimensi atau Aspek Identitas Sosial dan Penjelasannya