GridKids.id - Iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Nah, salah satu jenis iklan yang sering kita jumpai adalah iklan elektronik.
Pengertian iklan elektronik ialah iklan yang menggunakan media elektronik, seperti televisi, internet, dan radio untuk menawarkan barang dan jasa.
Tahukah kamu? Iklan elektronik harus dibuat sekreatif mungkin karena untuk menarik perhatian para calon konsumen.
Melansir dari kompas.com, iklan elektronik terbagi menjadi dua, yakni hanya suara (audio), atau suara dengan tampilan gambar (audio visual).
Berbeda dengan iklan cetak, iklan elektronik bisa menjangkau lebih banyak orang.
Untuk mengetahui apa saja jenis iklan elektronik berdasarkan isinya, simak informasi di bawah ini.
Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya
1. Iklan Komersial
Salah satu jenis iklan elektronik berdasarkan isinya adalah iklan komersial.
Iklan komersial ialah iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar.
Baca Juga: Iklan Elektronik: Pengertian, Jenis Berdasarkan Isi, dan Unsur-Unsurnya
2. Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan merupakan iklan yang menekankan pada citra perusahaan.
Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa yang datang.
Tujuan utama iklan perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.
3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada masyarakat.
Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh instansi pemerintah ya, Kids.
Lantas, apa saja karakteristik iklan elektronik?
1. Memiliki waktu atau durasi yang cenderung singkat.
2. Berupa suara, seperti radio atau suara dengan tampilan gambar, yaitu televisi.
Baca Juga: Apa Fungsi Alat-Alat Elektronik bagi Industri Periklanan? Materi Kelas 5 Tema 9
3. Lebih banyak menonjolkan informasi penting, seperti keunggulan dan nama produk.
4. Menggunakan bahasa yang menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif.
Sementara berikut ini merupakan karakteristik bahasa dalam iklan elektronik, yaitu:
1. Persuasif: Komunikasi yang digunakan bertujuan untuk memengaruhi kepercayaan pembacaan.
2. Hiperbola: Iklan elektronik menggunakan kiasan yang dibesar-besarkan.
3. Sugestif: Memberi pengaruh dari satu pihak ke pihak lainnya.
4. Informatif: Memberikan informasi kepada pembaca mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
Nah, itulah informasi tentang jenis iklan elektronik berdasarkan isi dan karakteristiknya.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.