Find Us On Social Media :

Perkembangan IPTEK dan Hubungannya dengan Kelestarian Lingkungan Hidup

IPTEK terus berkembang dari masa ke masa, seperti apa kaitannya bagi kelestarian lingkungan hidup?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah membahas tentang apa jadinya jika IPTEK enggak pernah berkembang.

Tahukah kamu keberadaan IPTEK enggak bisa dilepaskan dari peradaban manusia yang terus berkembang?

Namun, IPTEK membawa dampak di berbagai bidang kehidupan khususnya bagi lingkungan hidup tempat manusia dan makhluk hidup lainnya tinggal dan bertumbuh.

Bagi manusia, alam atau lingkungan hidup jadi sumberdaya yang menjamin kehidupan dan jadi bagian dari tantangan hidup.

Dari lingkungan sekitarnya, manusia memeroleh apa yang diperlukannya dari waktu ke waktu seiring pertumbuhan dan makin padatnya Bumi karena jumlah manusia.

Manusia memanfaatkan cara dan metode yang lebih efektif untuk mengolah sumber daya alam yang dimiliki secara berkelanjutan.

Tantangan ini juga mendesak manusia untuk segera mengatasi berbagai permasalahan lingkungan yang bisa berdampak bagi kelangsungan hidup manusia sendiri.

Dasar berpikir ini menjadi motivasi yang kuat bagi manusia untuk melihat dengan seksama seperti apa cara pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Persaingan antarmanusia untuk mendapatkan keuntungan dari sumber daya alam makin ketat di masa kini juga di masa mendatang.

Hal ini mau enggak mau pasti membawa pengaruh bagi lingkungan karena akan membawa dampak bagi lingkungan hidup di sekitar kita.

Lalu, seperti apakah pemanfaatan IPTEK dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekitarnya?

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi pada Kehidupan Kita Jika IPTEK Tak Berkembang