Find Us On Social Media :

Contoh 4 Tipe Tindakan Sosial dan Penjelasannya

tindakan sosial bukan hanya merujuk pada segala aktivitas yang dilakukan manusia secara individual, melainkan praktik-praktik yang dilakukan seseorang dalam konteks

GridKids.id - Jika dilihat dari aspek hal yang mendorong dilakukanya tindakan sosial, tindakan sosial terbagi menjadi 4 (empat) jenis.

Jenis ini antara lain menurut aspek yang mendorongnya, yaitu tindakan rasional instrumental, tindakan berorientasi nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional.

Sebelumnya juga kita sudah membahas soal pengertian tipe-tipe tindakan. Nah, selanjutnya kita akan mengetahui contoh-contoh dari tipe-tipe tindakan sosial.

Agar lebih mememahami lagi apa itu tindakan sosial, kita bisa mengetahui dari contoh-contoh tindakan sosial itu sendiri.

Bentuk tindakan sosial kemudian akan sesuai dengan tipe-tipe yang telah disampaikan sebelumnya.

A. Tindakan Sosial Instrumental 

Tindakan sosial instrumental didasarkan pada tujuan yang jelas.

Maka ada sejumlah contoh tindakan sosial dalam kehidupan sehari-hari terkait jenis ini, di antaranya adalah: 

  1. Ani memutuskan untuk tidur lebih awal agar bisa bangun untuk salat tahajud di jam 3 pagi. (Tidur lebih awal adalah tindakan, sementara tujuannya agar bisa bangun jam 3 pagi  bangun lebih dini untuk salat). 
  2. Ibu menyapu lantai dua kali dalam sehari agar rumah selalu bersih. (Menyapu adalah tindakan sosial dan tujuannya adalah agar rumah selalu bersih). 
  3. Ika makan dengan cepat karena tak ingin terlambat sampai ke sekolah. (Makan dengan cepat adalah tindakan sosial, dan tujuannya adalah untuk sampai ke sekolah tepat waktu). 

B. Tindakan Sosial Berorientasi Nilai 

Tindakan sosial yang berorientasi atau memperhatikan nilai-nilai di masyarakat adalah tindakan sosial berorientasi nilai. Contoh tindakan sosialnya antara lain: 

Baca Juga: Sosiologi Kelas X SMA: 5 Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli serta Tujuannya

  1. Roni berhenti bermain bola karena sudah tiba waktunya salat ashar. (berhenti bermain bola untuk salat adalah tindakan sosial, dasarnya adalah nilai agama (waktu salat) ). 
  2. Kita akan makan dan minum menggunakan tangan kanan baik saat di rumah maupun di acara umum seperti resepsi pernikahan, karena dinilai lebih baik. (makan dan minum memakai tangan kanan adalah tindakan sosial, dasarnya adalah nilai etika di masyarakat  kesopanan). 
  3. Seorang prajurit akan menyerahkan jiwa dan raganya untuk bangsa dan negara. (rela menyerahkan jiwa dan raga adalah tindakan sosial, dasarnya adalah nilai patriotisme). 
  4. Andi menyerahkan tempat duduknya di bus kota kepada ibu hamil yang kebetulan berdiri. (menyerahkan tempat duduk adalah tindakan sosial, dasarnya adalah nilai etika).

C. Tindakan Sosial Afektif