Find Us On Social Media :

Para Primata Juga Suka Berpelukan Seperti Manusia, Apa Artinya? #AkuBacaAkuTahu

Para anak-anak simpanse yang kehilangan induk sering berjalan sambil berpelukan untuk menemukan rasa nyaman dan aman di alam liar.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa berpelukan ternyata enggak hanya dilakukan oleh manusia tapi juga oleh hewan?

Sama seperti perasaan yang dirasakan manusia ketika berpelukan, hewan-hewan juga saling berpelukan karena menemukan rasa hangat dan nyaman ketika melakukannya.

Berpelukan adalah sebuah tindakan atau aktivitas yang memungkinkan seseorang merengkuh dan lebih dekat satu sama lain.

Jadi, jika membayangkan pelukan pada hewan mungkin kita akan bisa membayangkan hewan yang punya anatomi mirip manusia, yaitu primata.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, primata merupakan mamalia (hewan menyusui) yang punya ukuran otak relatif besar dan punya kemampuan stereoskopis yang membantu mendukung kehidupannya, seperti monyet dan kera.

Meski sama-sama berpelukan satu sama lain, apakah primata dan hewan-hewan berpelukan dengan maksud dan tujuan yang sama seperti manusia?

Arti Pelukan pada Hewan Primata

Dilansir dari laman kompas.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Zanna Clay dari Universitas Durham di Britania Raya meneliti tentang pelukan pada hewan primata.

Penelitian ilmiah ini menyoroti kebiasaan anak-anak bonobo (Pan paniscus) yang kehilangan induk untuk berjalan bersama sambil berpelukan.

Penelitian yang berlangsung cukup lama ini berhasil menyimpulkan bahwa hug walk anak-anak bonobo ini dilakukan karena ada rasa nyaman satu sama lain.

Namun, perilaku ini hanya bisa dilihat atau ditemukan di lingkup taman suaka bukan di alam bebas, Kids.

Baca Juga: Peringatan Hari Primata Nasional 30 Januari: Setiap Primata Itu Berarti #AkuBacaAkuTahu