Find Us On Social Media :

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup dan Tujuannya

Klasifikasi mempermudah pengenalan dan pembelajaran organisme yang beragam. Selain itu, klasifikasi juga dapat menunjukkan hubungan kekerabatan organisme

GridKids.id - Makhluk hidup adalah struktur biologis yang merespon perubahan lingkungan atau dalam entitas tersendiri.

Makhluk hidup memiliki organisasi biokimia kompleks yang memungkinkan mereka untuk memproses zat dan memanfaatkan energi untuk merespon perubahan.

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.

Golongan-golongan ini disusun secara runtut sesuai dengan tingkatannya (hierarkinya), yaitu mulai dari yang lebih kecil tingkatannya hingga ke tingkatan yang lebih besar.

Ilmu yang mempelajari prinsip dan cara mengelompokkan makhluk hidup ke dalam golongannya disebut taksonomi atau sistematik.

Dengan adanya klasifikasi makhluk hidup sendiri, kita dapat membedakan ciri-ciri yang mereka miliki, bagaimana mereka tumbuh, cara hidup, cara makan serta berkembang biak, dan masih banyak lagi.

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Berikut ini beberapa tujuan dilakukannya klasifikasi makhluk hidup:

1.Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Persamaan dan Ciri-Ciri yang Dimiliki.

Kamu tentu saja tahu kan, kalau di dunia ini ada banyak sekali organisme yang masing-masing memiliki ciri khusus sebagai pembeda dari organisme lainnya?

maklBaca Juga: 5 Sifat Fisik Air serta Manfaatnya bagi Kehidupan Makhluk Hidup