Find Us On Social Media :

4 Unsur yang Terdapat dalam Iklan Layanan Masyarakat dan Penjelasannya

(ilustrasi) Salah satu jenis iklan elektronik berdasarkan isinya adalah iklan layanan masyarakat

GridKids.id - Kids, apa saja unsur-unsur yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat?

Salah satu jenis iklan elektronik berdasarkan isinya adalah iklan layanan masyarakat, ya.

Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang dalam penyampaiannya bersifat persuasif atau mendidik khalayak umum.

Sementara menurut Liliweri pengertian iklan layanan masyarakat merupakan ikan yang bersifat nonprofit, maka iklan seperti ini enggak mencari keuntungan setelah pemasangan informasi kepada masyarakat secara global.

Biasanya iklan layanan masyarakat bisa dijumpai di jalan-jalan dalam bentuk spanduk, poster, dan juga digital di televisi.

Tujuan dari iklan layanan masyarakat adalah untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah.

Nah, contoh iklan layanan masyarakat, yaitu bahaya pemanasaan global, bahaya merokok, dan bahaya narkoba

Sementara ciri-ciri dari iklan layanan masyarakat, seperti enggak bersifat politis, enggak bersifat komersial, dan mengarah ke sosial.

Ini dikarenakan biasa iklan ini diperuntukkan kepada semua lapisan masyarakat dan diajukan oleh organisasi yang telah diakui.

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja unsur-unsur iklan layanan masyrakat, yuk, simak informasi di bawah ini, Kids.

Unsur-Unsur dalam Iklan Layanan Masyarakat

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan Layanan Masyarakat? Materi Kelas 5 SD Tema 9

1. Media yang Digunakan

Salah satu unsur yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat adalah media yang digunakan.

Iklan layanan masyarakat disiarkan melalui media elektronik, seperti televisi, radio, atau media sosial.

2. Target Audiens

Iklan layanan masyarakat memiliki target audiens, Kids.

Biasanya iklan layanan masyarakat diarahkan pada target audiens tertentu, seperti remaja, orang dewasa, dan orang tua.

Ini dikarenakan untuk membantu iklan layanan masyarakat mencapai tujuannya, ya.

3. Pesan

Setiap iklan memiliki pesan-pesan bagi khalayak umum yang berbeda-beda.

Pesan yang disampaikan dalam iklan layanan masyarakat harus mudah dipahami, sampai ke khalayak umum, dan menarik perhatian.

Baca Juga: Apa Tujuan dari Iklan Layanan Masyarakat? Materi Kelas 5 Tema 9

Alasannya karena iklan layanan masyarakat membawa pesan atau informasi yang cukup dan berdampak kuat bagi para audiens.

4. Identitas Merek atau Branding

Kids, tahukah kamu? Iklan layanan masyarakat enggak bertujuan untuk mempromosikan merek tertent.

Meski demikian identitas merek juga harus diperhatikan. Ini dikarenakan dengan adanya identitas merek maka akan membantu iklan tersebut mudah dikenal oleh masyarakat.

Nah, sekarang sudah tahu ya, Kids, apa saja unsur-unsur iklan layanan masyarakat.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.