GridKids.id - Pada pembahasan materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang bahasa iklan elektronik.
Dalam materinya terdapat pertanyaan, apa saja ciri-ciri bahasa iklan elektronik?
Agar menemukan jawabannya, kamu harus membaca isi materinya seperti berikut ini!
Media elektronik yang umum digunakan, sering kali kita melihat iklan produk atau jasa yang ditawarkan.
Iklan ini memiliki ciri khas masing-masing seperti ada yang mengiklankan produk/jasa dengan lagu.
Lagu yang terus lewat dengan nada yang mudah diingat dan lirik yang sederhana membuat kita hafal dengan iklan tersebut.
Jenis iklan seperti ini biasanya disampaikan melalui media elektronik televisi maupun iklan pada aplikasi ponsel.
Melalui media elektronik, kreativitas para pembuat iklan akan lebih maksimal dan bisa dalam berbagai bentuk.
Kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi maupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan.
Kreativitas penyampaian iklan tentu saja sangat menentukan menarik atau tidaknya sebuah iklan elektronik itu.
Iklan Elektronik
Baca Juga: Apa Saja Unsur-Unsur yang Terdapat pada Iklan Elektronik? Kelas 5 SD
Secara sederhana, iklan elektronik adalah iklan yang muncul, tampil, atau terdengar di berbagai media elektronik.
Mulai dari radio, televisi, dan internet. Meski begitu, iklan di tiga media ini memiliki karakteristiknya masing-masing.
Promosi suatu produk atau jasa dilakukan dengan menampilkan iklan, baik berupa video, audio, maupun visual.
Iklan elektronik menggunakan kata bernada saran dan banyak menonjolkan informasi penting terkait produknya.
Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik
Bahasa adalah unsur penting di dalam iklan elektronik agar menarik perhatian khalayak luas.
Bahasa yang digunakan dalam iklan elektronik haruslah menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif (membujuk).
Penggunaan bahasa dalam iklan elektronik juga harus efektif, supaya pesannya bisa tersampaikan dengan mudah.
Pengulangan kata hingga berkali-kali juga pada lagu dalam iklan juga bisa digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan.
Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga bisa digunakan untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan.
Baca Juga: Apa Saja Jenis Iklan Elektronik? Materi Kelas 5 SD Tema 9
Tak hanya itu, iklan elektronik juga memiliki ciri bahasa iklan lain untuk mampu menarik perhatian khalayak, antara lain:
1. Pilihan katanya menarik
Di sini, pengiklan bisa menggunakan kata-kata yang mudah diingat dengan rangkaian kata yang hampir mirip bunyinya.
Kita juga bisa menggunakan ucapan atau kata kiasan yang dibesar-besarkan pada beberapa bagian kalimat iklan.
Meski begitu, pengiklan juga harus memerhatikan supaya pilihan katanya tetap sopan, tepat, dan juga logis.
2. Sugesti
Sugesti adalah pemberian pengaruh atau pandangan dari satu pihak kepada pihak lain.
Akibatnya, pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti pengaruh atau pandangan pada iklan itu.
Dengan begitu, tujuan iklan menjadi tercapai. Calon konsumen akan menerimanya tanpa perlu berpikir panjang.
3. Lebih menonjolkan informasi
Hal ini dimaknai iklan bisa memberikan informasi kepada pembaca mengenai produk atau jasa yang ditawarkan dengan jelas.
Baca Juga: Mengenal Pola Penyajian dan Kaidah Kebahasaan Iklan, Apa Saja?
Pemilihan kata biasanya singkat, padat, dan jelas sehingga bisa langsung dipahami oleh pembaca atau penggunanya.
4. Menunjuk pada sasaran
Sebelum membuat iklan, pengiklan sudah harus tahu siapa yang menjadi sasaran produk atau jasa yang ditawarkan.
Misalnya, iklan bubur bayi. Maka yang menjadi sasaran adalah ibu-ibu muda yang memiliki anak usia bayi.
Nah, itu dia penjelasan mengenai ciri-ciri bahasa iklan elektronik yang sering kita jumpai.
Pertanyaan: Apa itu iklan elektronik? |
Petunjuk: Cek di halaman 2 |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.