Find Us On Social Media :

10 Dampak Negatif IPTEK bagi Pelajar, Tak Hanya Ganggu Konsentrasi Belajar

Perkembangan teknologi hasil IPTEK penting bagi akses ilmu pengetahuan dan informasi terbaru. Namun, penggunaan gadget berlebihan bisa berdampak negatif untuk pelajar, apa dampaknya?

GridKids.id - Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dari waktu ke waktu terus berkembang ke dan mendukung kehidupan manusia sehari-hari.

Semua orang dari dewasa maupun muda memanfaatkan hasil IPTEK untuk berkomunikasi atau beraktivitas setiap harinya.

Banyak barang atau benda hasil pengembangan IPTEK didesain untuk membantu manusia bekerja hingga belajar berbagai materi atau informasi baru.

Nah, bagi anak-anak kemajuan teknologi memungkinkan mereka untuk belajar dan melakukan eksplorasi terhadap berbagai hal yang ingin diketahuinya.

Meski begitu, situasi ini terkadang enggak selalu sesuai harapan , nih, Kids.

Banyak juga anak-anak yang menggunakan gadget secara berlebihan sehingga membuat mereka jadi kecanduan dan lupa belajar.

Kali ini kamu akan diajak melihat berbagai dampak negatif IPTEK bagi pelajar, apa saja ya dampaknya?

Dampak Negatif IPTEK bagi Pelajar

1. Pelajar yang menggunakan gadget terlalu berlebihan bisa menyebabkan peningkatan risiko kanker karena radiasi gadget atau gawai elektronik yang digunakannya.

2. Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan acoustik neourema atau ketulian.

3. Radiasi cahaya atau pencerahan yang diatur maksimal secara berkala dari gadget bisa menyebabkan mata terasa perih dan memicu rabun dekat (hipermetropi).

Baca Juga: 7 Dampak Perkembangan IPTEK bagi Kehidupan Manusia Sehari-Hari