Find Us On Social Media :

Materi PPKN Kelas 8 : Komponen-Komponen Literasi Digital dan Contohnya

Literasi digital adalah pengetahuan dan kemampuan seseorang dalam menggunakan media digital, alat komunikasi, dan jaringan

GridKids.id - Literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi yang didapatkan dari berbagai sumber.

Literasi digital juga mencakup adanya tiga kemampuan yang berupa kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.

Jadi, kita dapat simpulkan literasi digital itu merupakan upaya yang diperlukan individu di era canggih sekarang ini untuk menyaring informasi secara akurat. 

Komponen-Komponen Literasi Digital

Menurut Steve Wheeler dalam tulisannya yang berjudul Digital Literacies for Engagement in Emerging Online Cultures (2012, dalam Maulana) menyatakan bahwa terdapat sembilan komponen penting yang termuat dalam literasi digital.1. Social Networking

Zaman sekarang, setiap individu pasti memiliki akun sosial media.

Sebagai pengguna kita pasti menerima banyak informasi. Namun perlu kecermatan dalam menyaring informasi yang beredar.

Kemampuan memanfaatkan fitur di media sosial menjadi salah satu hal penting yang mesti dimiliki.

2. Transliteracy

Komponen transliteracy ini didefinisikan sebagai upaya memanfaatkan berbagai platform untuk membuat konten, membagikan hingga mengkomunikasikannya.

Baca Juga: Materi PPKN Kelas 8: Prinsip-Prinsip Literasi Digital serta Elemennya

Memanfaatkan berbagai platform untuk menggubah konten. Komponen ini mengutamakan kemampuan komunikasi dengan media sosial.