Find Us On Social Media :

Materi Sosiologi Kelas X SMA: 3 Paradigma Sosiologi Menurut George Ritzer

Paradigma merupakan cara pandang ilmuwan dalam melihat suatu persoalan.

GridKids.id - Kids, apa saja paradigma sosiologi menurut George Ritzer?

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja paradigma sosiologi menurut George Ritzer, berdasarkan materi Sosiologi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka.

Paradigma disebut dengan kerangka atau cara berpikir dan sudut pandang. Paradigma merupakan cara pandang ilmuwan dalam melihat suatu persoalan.

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari kehidupan sosial masyarakat.

Alasan masyarakat menjadi objek kajian sosiologi dikarenakan memiliki beberapa segi, seperti segi ekonomi, segi politik, segi sejarah, dan segi antropologi, Kids.

Sebagai ilmu yang mempelajari manusia dan masyarakat, sosiologi enggak membahas perihal benar dan salah, melainkan menjelaskan berbagai fenomena sosial secara ilmiah, ya.

Melansir dari kemdikbud.go.id, George Ritzer, seorang sosiolog berkebangsaan Amerika Serikat pada tahun 1975 menuliskan buku berjudul "Sosiology: A Multiple Paradigm Science".

Berdasarkan pemikiran Ritzer dalam buku tersebut, sebagai ilmu pengetahuan sosiologi memiliki dan menggunakan berbagai paradigma atau kerangka berpikir.

Nah, dengan berbagai paradigma, sosiologi melahirkan banyak teori dan perspektif untuk menganalisis berbagai kajian sosiologi dalam rangka membantu memahami kehidupan sosial.

Yuk, kita cari tahu sama-sama apa saja paradigma sosiologi sebagai ilmu menurut George Ritzer, Kids!

Paradigma Sosiologi Menurut George Ritzer

Baca Juga: Materi Sosiologi Kelas X SMA: 4 Bentuk Peran Sosiologi bagi Masyarakat