Find Us On Social Media :

Apa Rasi Bintang yang Kita Lihat di Bumi Terlihat Sama di Planet Lain?

Rasi bintang adalah titik-titik bintang terang yang dihubungkan membentuk pola tertentu. Apa saja itu?

GridKids.id - Keberadaan rasi bintang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita, Kids.

Pada masa lalu, rasi bintang dipergunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari penunjuk arah, pertanda pergantian musim, hingga jadi kepercayaan atau agama pada masanya.

Rasi bintang membentuk pola tertentu dari rasi-rasi bintang yang bersinar terang dan dinamai dengan nama-nama yang penuh kisah di baliknya.

Pola rasi bintang bisa membentuk berbagai objek, mulai dari benda mati hingga makhluk-makhluk mitologis.

Meski terlihat saling berdekatan dan bisa dihubungkan oleh pengamatan manusia, ternyata jarak antara satu titik bintang dengan titik lainnya berjauhan, lo.

Rasi bintang disusun tanpa memperhitungkan jaraknya, beberapa rasi bintang bisa saja berdekatan satu sama lain, namun bisa juga kebalikannya.

Jarak antara bintang-bintang dalam satu rasi bintang bisa berbeda-beda jika dilihat dari Bumi.

Lalu, apakah rasi bintang juga terlihat sama bentuknya jika diperhatikan dari planet lainnya?

Dilansir dari laman infoastronomy.org, ternyata pola rasi bintang akan berubah jika kita memerhatikannya dari planet lain, Kids.

Namun, hal itu baru bisa terjadi jika manusia berhasil melakukan perjalanan cukup jauh dari Bumi menuju ke planet yang jaraknya puluhan tahun cahaya.

Apabila diamati dari planet tata surya lain seperti Mars atau Jupiter, bentuk atau polanya relatif sama saja seperti ketika kita melihatnya dari Bumi.

Baca Juga: Benarkah Belajar Ilmu Astronomi Bermanfaat untuk Kecerdasan Anak-Anak?