Find Us On Social Media :

7 Kerja Sama ASEAN di Bidang Sosial Budaya dan Manfaatnya bagi Indonesia

ASEAN adalah organisasi negara-negara Asia Tenggara yang menjalin kerja sama di bidang sosial budaya. Apa saja manfaat dan bentuk kerja samanya?

GridKids.id - Pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak melihat manfaat dan bentuk kerja sama Indonesia dan negara-negara ASEAN di bidang ekonomi.

Kali ini kamu akan diajak belajar bersama tentang manfaat dan bentuk kerja sama Indonesia-ASEAN di bidang sosial budaya, Kids.

Tentunya sebagai organisasi negara-negara yang berada di kawasan regional yang serupa, budaya menjadi salah satu hal yang merekatkan negara-negara anggota ASEAN ini.

Kerja sama di bidang sosial budaya antar negara anggota ASEAN diharapkan bisa memperkuat integrasi negara-negara ASEAN dan menciptakan komunitas masyarakat yang kuat dan solid.

Terwujudnya integrasi ASEAN menciptakan rasa kebersamaan dan komunitas bebas yang saling peduli dan berbagai satu sama lainnya.

Kerja sama antara Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN lainnya diharapkan bisa mendukung proses memajukan negara-negara ASEAN di masa depan.

Komunitas sosial budaya ASEAN membantu proses untuk mewujudkan potensi masyarakat dengan memaksimalkan kapasitas.

Kesempatan kerja sama juga bisa jadi cara masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya.

Dilansir dari situs resmi ASEAN, komunitas negara ASEAN bertujuan mewujudkan kerja sama di bidang budaya dan seni, informasi dan media, pendidikan, pemuda, olahraga, hingga kesejahteraan dan pembangunan sosial.

Selain itu, ada upaya untuk mewujudkan keadilan terhadap gender, hak perempuan dan anak, hingga pemerataan pembangunan pedesaan, sampai proses pemberantasan kemiskinan, masalah tenaga kerja, hingga bantuan kemanusiaan.

Lalu, apa sajakah bentuk-bentuk kerja sama ASEAN di bidang sosial budaya itu?

Baca Juga: 4 Dampak Positif dan Negatif dari Kerja Sama ASEAN di Bidang Sosial Budaya