Find Us On Social Media :

Materi PPKN Kelas 8 Kurikulum Merdeka: Etika dalam Berinternet

Etika Internet pada dasarnya sama dengan etika berkomunikasi di “dunia nyata” dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik (sopan), ramah, serta berbicara jelas dan mudah dimengerti

GridKids.id - Kids, setelah kita mengetahui literasi digital dalam kebninekaan bangsa, selanjutnya kita akan mempelajari tentang etika dalam berinternet

Nah, etika dalam berinternet itu disebut dengan nama nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.

Sama halnya dengan perilaku manusia dalam bergaul, internet juga mempunyai tata tertib/etika tertentu. 

Karena tu sebagaimana dalam kehidupan nyata, kehidupan maya pun menerapkan sikap menghormati dan menghargai.

Namun, sayangnya kita masih menemukan kegaduhan di dunia maya akibat orang-orang yang tidak menerapkan etika saat menggunakan internet atau dunia maya.

Biasanya kegaduhan yang terjadi di dunia maya itu terkait suku, agama, dan ras. 

Kegaduhan tersebut bisa berpontensi menimbulkan disentegrasi bangsa. 

Di Indonesia, selain tata tertib sosial di internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).Pentingnya Etika Dalam menggunakan internet adalah sebagai berikut:

  1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin  memiliki budaya,bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
  2. Penggunainternet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
  3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang sukaiseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
  4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya penghuni baru didunia maya tersebut.

Hal penting yang harus dilakukan beretika dalam berinternet

1. Perhatikan dalam penggunaan huruf kapital

Baca Juga: Mengenal Pendekatan Emik dan Etika dalam Kehidupan Manusia

Dalam penulisan suatu informasi penggunaan huruf kapital harusalah diperhatikan.