Find Us On Social Media :

Materi SMK Kelas X : Pengertian Mesin Kantor dan Jenis-Jenisnya

Mesin kantor dapat berupa alat untuk menunjang kegiatan di dalam kantor seperti komputer atau untuk di luar kantor, seperti alat transportasi

GridKids.id - Mesin kantor merupakan salah satu alat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien. 

Mesin-mesin kantor adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk menghimpun, mencatat dan mengelola bahan atau data-data. 

Mesin-mesin tersebut dinilai dapat mempercepat kinerja manusia, nyatanya beberapa mesin tetap membutuhkan manusia dalam hal perawatan dan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Pengertian Kantor Menurut Ahli

1. The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, mesin kantor adalah seluruh alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan, dan mengolah bahan yang bekerja secara mekanis, elektris, magnetis atau secara kimiawi.

2. Wursanto

Menurut Wursanto, mesin kantor merupakan seluruh peralatan yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah menggandakan, atau mengirim keterangan yang dibutuhkan oleh suatu lembaga sehingga mampu memperlancar aktivitas kantor.

3. Yatimah

Menurut Yatimah mesin kantor (office machine) adalah alat yang dipergunakan untuk mencatat, mengganda, dan mengolah kata yang bekerja secara sistematis, mekanis, elektris, elektronik, magnetic, atau secara kimiawi.

Dari beberapa pendapat ahli, dapat disimpulkan bahwa mesin kantor adalah alat-alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan, dan mengolah bahan secara mekanis, elektris, magnetis, dan secara kimiawi dengan tujuan memudahkan aktivitas perkantoran.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Perkantoran, Materi Informatika Kelas 7 SMP