Find Us On Social Media :

Mitigasi Bencana Alam: Banjir dan Kekeringan, Geografi Kelas 11 SMA

Ada beberapa langkah mitigasi bencana alam yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak bencana banjir, salah satunya penataan daerah aliran sungai (DAS).

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 SMA kali ini akan mengajakmu belajar tentang pengertian dan langkah-langkah mitigasi bencana alam.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah melihat berbagai upaya atau langkah mitigasi bencana alam seperti tsunami, letusan gunung berapi, gempa bumi, hingga tanah longsor.

Nah, pada artikel BDR kali ini kamu akan diajak belajar tentang langkah atau upaya mitigasi bencana alam banjir dan kekeringan.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 200-201 kamu akan diajak melihat langkah-langkah untuk menanggulangi atau mengurangi dampak dari bencana banjir juga kekeringan.

Bencana banjir biasanya terjadi ketika curah hujan tinggi, sedangkan tanah kehilangan daya serapnya.

Sedangkan bencana kekeringan bisa terjadi ketika musim kemarau ketika curah hujan rendah sehingga tanah kekurangan persediaan air tanah.

Yuk, sama-sama lihat seperti apa upaya atau langkah mitigasi dua bencana yang berkaitan dengan dua musim di Indonesia ini, Kids.

A. Mitigasi Bencana Banjir

1. Pembangunan waduk untuk mencegah terjadinya banjir.

2. Pembangunan tanggul untuk menghindari banjir.

3. Penataan daerah aliran sungai.

Baca Juga: Materi Geografi Kelas 10 SMA: Apa yang Dimaksud dengan Mitigasi Bencana?