GridKids.id - Kids, kamu pasti pernah melihat iklan cetak dan iklan elektronik.
Kedua jenis pasti pernah kita jumpai dalam bidang pemasaran dan pengenalan produk.
Nah, apa yang membedakan iklan cetak dan iklan elektonik?
Sebelum kita mengetahui perbedaannya, kita lihat dulu pengertian dari iklan cetak dan elektronik.
Pengertian
Iklan Cetak
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan cetak adalah iklan yang menggunakan sarana media massa yang dicetak dan dicetak berkala. Contohnya, surat kabar (koran), majalah, tabloid dan sebagainya.
Iklan dicetak dipasang dan dicetak menggunakan dengan alat modern.
Iklan Eletronik
Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan sarana elektronik. Iklan in dipasang di media elektronik seperti radio, televisi, internet, film dan sebagainya.
Ciri-Ciri
Baca Juga: Apa Saja Jenis-Jenis Iklan Elektronik? Materi Kelas 5 SD Tema 9
Ciri-ciri iklan cetak adalah:
- Iklan media cetak bersifat tertulis, serta menggunakan bahasa yang formal.
- Banyak ditemukan di majalah, koran, dan tabloid.
- Jenis iklan ini hanya bisa dibaca saja.
- Jumlah kalimat sedikit, karena dibatasi oleh kolom dan tata letak.
- Dapat disimpan dan dibaca kapan saja.
Ciri-ciri iklan elektronik adalah:
- Iklan bersifat lisan.
- Bahasa iklan bisa formal maupun non formal.
- Menggunakan kalimat yang singkat, jelas, dan padat.
- Iklan bisa didengar.
- Memiliki gambar yang bisa bergerak.
Perbedaan Iklan Cetak dan Elektronik
Perbedaan iklan media cetak dan media elektronik adalah iklan media cetak berbentuk fisik yang bisa disentuh.
Dari segi namanya saja sudah terlihat bagaimana bentuk dari iklan di dalam media cetak.
Sedangkan, iklan media elektronik berbentuk non fisik yang hanya bisa kamu lihat saja.
Penyebarannya pun hanya melalui media elektonik.
Beberapa contoh iklan cetak:
- Iklan Kolom Surat Kabar
Baca Juga: 7 Unsur Iklan di Media Massa, Materi Kelas 5 SD Tema 9
Perusahaan mobil mencoba membuat iklan semenarik mungkin dengan menampilkan gambar dipadukan dengan desain yang provokatif, yang mana hal tersebut bisa membuat seseorang yang melihatnya tergoda untuk segera melakukan pembelian dengan mengunjungi dealer mobil tersebut.
- Iklan baris
Iklan baris disajikan dengan hanya menggunakan teks dengan beragam singkatan yang mungkin terbilang cukup rumit untuk orang awam.
- Iklan brosur
Brosur terdiri dari beberapa halaman yang berfungsi untuk menampilkan informasi secara lengkap dan terperinci.
Beberapa contoh iklan elektronik :
- Iklan elektronik radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya adalah media yang menggunakan pendengaran untuk menyapa pendengarnya.
- Iklan elektronik televisi
Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi memiliki karakteristik yang berbeda dengan iklan radio, yaitu dapat didengar dan dilihat.
- Iklan elektronik internet
Iklan internet adalah iklan yang dipromosikan melalui jaringan internet.
Bentuknya sangat beragam, seperti iklan yang hanya dapat didengar, iklan dapat dilihat, maupun perpaduan dari keduanya.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.