Find Us On Social Media :

Perbedaan Iklan Cetak dan Iklan Elektronik serta Contohnya

Manfaat iklan cetak dan elektronik adalah memberikan informasi agar konsumen mengetahui produk dan merek yang diiklankan

GridKids.id - Kids, kamu pasti pernah melihat iklan cetak dan iklan elektronik.

Kedua jenis pasti pernah kita jumpai dalam bidang pemasaran dan pengenalan produk.

Nah, apa yang membedakan iklan cetak dan iklan elektonik?

Sebelum kita mengetahui perbedaannya, kita lihat dulu pengertian dari iklan cetak dan elektronik.

Pengertian

Iklan Cetak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan cetak adalah iklan yang menggunakan sarana media massa yang dicetak dan dicetak berkala. Contohnya, surat kabar (koran), majalah, tabloid dan sebagainya.

Iklan dicetak dipasang dan dicetak menggunakan dengan alat modern.

Iklan Eletronik

Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan sarana elektronik. Iklan in dipasang di media elektronik seperti radio, televisi, internet, film dan sebagainya.

Ciri-Ciri

Baca Juga: Apa Saja Jenis-Jenis Iklan Elektronik? Materi Kelas 5 SD Tema 9

Ciri-ciri iklan cetak adalah:

Ciri-ciri iklan elektronik adalah: 

Perbedaan Iklan Cetak dan Elektronik

Perbedaan iklan media cetak dan media elektronik adalah iklan media cetak berbentuk fisik yang bisa disentuh.

Dari segi namanya saja sudah terlihat bagaimana bentuk dari iklan di dalam media cetak.

Sedangkan, iklan media elektronik berbentuk non fisik yang hanya bisa kamu lihat saja.

Penyebarannya pun hanya melalui media elektonik.

Beberapa contoh iklan cetak: 

Baca Juga: 7 Unsur Iklan di Media Massa, Materi Kelas 5 SD Tema 9

Perusahaan mobil mencoba membuat iklan semenarik mungkin dengan menampilkan gambar dipadukan dengan desain yang provokatif, yang mana hal tersebut bisa membuat seseorang yang melihatnya tergoda untuk segera melakukan pembelian dengan mengunjungi dealer mobil tersebut.

Iklan baris disajikan dengan hanya menggunakan teks dengan beragam singkatan yang mungkin terbilang cukup rumit untuk orang awam.

Brosur terdiri dari beberapa halaman yang berfungsi untuk menampilkan informasi secara lengkap dan terperinci. 

Beberapa contoh iklan elektronik : 

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya adalah media yang menggunakan pendengaran untuk menyapa pendengarnya.

Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi memiliki karakteristik yang berbeda dengan iklan radio, yaitu dapat didengar dan dilihat.

Iklan internet adalah iklan yang dipromosikan melalui jaringan internet.

Bentuknya sangat beragam, seperti iklan yang hanya dapat didengar, iklan dapat dilihat, maupun perpaduan dari keduanya.

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.