Find Us On Social Media :

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM): Kuantitas dan Kualitasnya, Geografi Kelas 11 SMA

SDM merupakan potensi dan kemampuan yang ada dalam diri manusia yang dimanfaatkan untuk kepentingan hidup manusia.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 SMA kali ini kamu akan diajak melanjutkan pembahasan tentang kependudukan.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 145-146, akan membahas tentang penduduk sebagai sumberdaya pembangunan.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan sumber daya manusia itu?

Sumber daya manusia merupakan segala potensi dan kemampuan yang ada dalam diri manusia yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dan kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Nah, selanjutnya kamu akan diajak melihat pengertian dari sumber daya manusia, lengkap dengan kuantitas dan kualitasnya.

Berikutnya kamu akan diajak melihat satu persatu uraian tentang pengertian hingga seperti apa kuantitas dan kualitas dari SDM-nya.

Yuk, simak sama-sama uraian penjelasan lengkapnya di bawah ini, Kids.

1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia (SDM) bisa dibagi menjadi dua pengertian yaitu pengertian mikro dan makro.

Pengertian SDM secara mikro adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, buruh, karyawan, pekerja, tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Pengertian SDM secara makro adalah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja ataupun sudah bekerja.

Baca Juga: Data Kependudukan: Jenis dan Metode Sensus Penduduk, Geografi Kelas 11 SMA