Find Us On Social Media :

4 Keberhasilan Pemerintah Orde Baru, Salah Satunya Perbaikan Citra Indonesia di Mata Dunia

Era pemerintahan orde baru identik sebagai er pembangunan nasional. Apa saja keberhasilan yang dicapai pada era pemerintahan ini?

GridKids.id - Kids, era pemerintahan orde baru di bawah Presiden Soeharto berjalan selama 32 tahun.

Selama masa yang panjang itu, terdapat banyak sekali perubahan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Meski diakhir era pemerintahannya, orde baru diwarnai berbagai pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia, tak bisa dipungkiri bahwa pembangunan berjalan masif di berbagai bidang.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat apa saja keberhasilan yang diraih oleh pemerintah Indonesia di era orde baru, di antaranya:

Keberhasilan Orde Baru

1. Perbaikan Citra Indonesia

Pada era pemerintahan orde lama di bawah komando Presiden Soekarno, Indonesia masih mengalami situasi yang sulit untuk mencapai kestabilan ekonomi dan politik.

Negara yang baru merdeka masih berusaha menemukan jalan dan cara yang paling tepat untuk menjalankan pemerintahannya.

Pada masa itu banyak juga terjadi aksi radikal dan pemberontakan dari pihak-pihak yang ingin memisahkan diri dari Indonesia.

Situasi yang belum stabil inilah yang membuat kondisi ekonomi dan politik era orde lama belum bisa stabil fokus ke perekonomian rakyat dan pembangunan.

Setelah masuk ke era orde baru, Indonesia di bawah Presiden Soeharto fokus untuk meluruskan beberapa penyimpangan Pancasila dan Undang-Undang 1945 pada masa orde lama.

Baca Juga: 3 Program Pemerintah Orde Baru di Bidang Pendidikan, Apa Saja?