Find Us On Social Media :

HUT BOBO Ke-50: Mengenang Rubrik Sahabat Bobo yang Populer di Era 80-an

Majalah Bobo hari ini berulang tahun yang ke-50, sejak pertama kali terbit pada 14 April 1973 silam.

GridKids.id- Kids, sebelum bisa bertukar kabar secara cepat dan mudah seperti saat ini, anak-anak dulunya bisa berkomunikasi dengan teman sebaya lewat surat.

Komunikasi lewat surat ini dikenal dengan sahabat pena yang bisa menghubungkanmu dengan teman-teman dari daerah atau pulau lain di Indonesia.

Majalah Bobo yang hari ini berulang tahun yang ke 50 juga dulu jadi salah satu wadah komunikasi sahabat-sahabat pena dari seluruh Indonesia, lo.

Meski kini rubriknya sudah enggak ada lagi karena perkembangan zaman, kamu perlu tahu bahwa dulunya Bobo punya rubrik bernama Sahabat Bobo.

Rubrik ini sangat populer di antara para pembaca Majalah Bobo di tahun 1970-an dan 1980-an.

Tentunya karena komunikasi enggak bisa dilakukan dengan mudah karena enggak adanya ponsel pintar seperti yang kamu milikki saat ini, Kids.

Komunikasi dan persahabatan lalu dijalin lewat surat yang dikirim beserta kartu pos.

Kini kamu mungkin sudah enggak akrab lagi dengan komunikasi via surat. 

Hingga kini pengiriman surat masih bisa dilakukan melalui jasa pos dengan menempelkan prangko sebagai tanda pembayaran biaya posnya.

Surat dari sahabat pena inilah yang jadi media yang bisa membuat seorang anak bertemu dan berkomunikasi dengan teman yang belum pernah dikenal sebelumnya.

Jika kamu bisa bertemu dan bercanda tawa dengan sahabatmu secara langsung, para sahabat pena kala itu berbagai kisah dan cerita lewat surat.

Waktu-waktu menunggu balasan mungkin jadi momen yang sangat panjang untuk ditunggu, tapi ketika mendengar lonceng sepeda pak pos tentunya penantian yang lama terasa setimpal, ya.