Find Us On Social Media :

10 Tradisi Lebaran di Thailand, Ada Pelaksanaan Tradisi Rayo 6

Lebaran atau Idul Fitri di negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Buddha bisa jadi berbeda. Seperti apa tradisi lebaran di Thailand?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tradisi lebaran di berbagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

Nah, kali ini GridKids akan mengajakmu melihat tradisi lebaran di Negeri Gajah Putih, Thailand.

Thailand adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduknya yang memeluk agama Buddha.

Persentase umat Muslim di Thailand sekitar 15% dan tinggal di bagian selatan Thailand, khususnya di Pattani, Yala, Sarathiwat, dan Songkhla.

Sama halnya seperti perkembangan agama Islam dibawa ke Nusantara, para pedagang Arab yang melakukan kegiatan berdagang di sana.

Beberapa teori lain juga menyinggung tentang peranan Kerajaan Samudera Pasai di Aceh yang membawa pengaruh Islam ke Thailand.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat tradisi lebaran umat Muslim di Thailand, negeri Gajah Putih yang dikenal juga dengan sebutan Negeri Seribu Pagoda ini, di antaranya:

Tradisi Lebaran di Thailand

1. Penduduk Muslim Thailand juga punya budaya makan ketupat yang dibungkus daun kapho, bukannya janur kelapa.

Ketupat khas Thailand ini dibentuk menjadi segitiga dan diisi dengan beras ketan, bukannya beras biasa.

2. Selera kuliner orang Thailand yang condong ke manis membuat ketupat khas Thailand ini dinikmati dengan susu kental manis, bukannya kuah opor ayam.

Baca Juga: 10 Tradisi Lebaran di Mesir, dari Takbiran hingga Agenda Keluarga