Find Us On Social Media :

Flora dan Fauna di Indonesia: Pengertian dan Arti Penting, Geografi Kelas 11 SMA

Keberadaan flora dan fauna yang beragam di Indonesia menjadi bagian dari kehidupan ekosistem di sekitarnya.

GridKids.id - Kids, artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 SMA masuk ke Bab 2 tentang keanekaragaman hayati.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 64-66 membahas tentang flor dan fauna di Indonesia.

Jika kita mengamati flora dan fauna Indonesia akan menyadari bahwa di Indonesia terdapat keberagaman.

Mulai dari flora dan fauna asiatik di Indonesia Barat, flora-fauna asli atau peralihan di Indonesia Tengah, hingga flora fauna australis yang ada di Indonesia Timur.

Indonesia adalah negara terkaya dengan kehidupan flora dan fauna di dunia, sehingga kita seharusnya merasa bangga sebagai warga negaranya.

Istilah flora berasal dari bahasa latin yang berarti dunia tumbuhan, sehingga flora ini diartikan sebagai sekelompok tanaman dan tumbuhan.

Sedangkan fauna berasal dari bahasa latin yang berarti dunia hewan yang dipahami sebagai hewan yang hidup di dunia.

Baik flora dan fauna memiliki jenis endemik atau flora dan fauna yang hanya ditemukan di wilayah tertentu dan enggak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Keberadaan tumbuhan dan hewan enggak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari manusia.

Enggak mungkin manusia bisa hidup tanpa tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, manusia perlu makan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan

Untuk memastikan kesehatan manusia terjaga, manusia perlu mendapatkan zat-zat tertentu yang sumbernya dari tumbuhan dan hewan.

Baca Juga: Menyimak Teks 'Keanekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia', IPA Kelas 5 SD Tema 6