Find Us On Social Media :

Geografi Kelas 10 SMA: 5 Langkah yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pemanasan Global

Pemanasan global adalah peningkatan suhu seluruh atmosfer bumi yang disebabkan oleh efek rumah kaca.

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang pemanasan global? Apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah pemanasan global?

Pada artikel ini GridKids akan mencari tahu apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah pemanasan global.

Nah, pembahasan pemanasan global sesuai dengan materi Geografi kelas 10 SMA buku Kurikulum Merdeka.

Fenomena pemanasan global menghasilkan gas-gas yang semakin lama semakin banyak jumlahnya di atmosfer, terutama gas karbon dioksida.

Dilansir dari kemdikbud.go.id, pemanasan global merupakan peningkatan suhu seluruh atmosfer bumi yang disebabkan oleh efek rumah kaca.

Efek rumah kaca atau greenhouse effect adalah suatu peningkatan suhu bumi akibat suhu panas yang terjebak di dalam atmosfer bumi.

Diketahui gas rumah kaca inilah yang nantinya jadi perangkat panas matahari, sehingga bisa menaikkan suhu bumi selama bertahun-tahun, Kids.

Dampak negatif pemanasan global ialah kerusakan ekosistem, cuaca ekstrem, dan permukaan air laut naik yang bisa mengikis bibir pantai.

Selain itu, dampak pemanasan global juga sering dirasakan oleh masyarakat seperti terjadinya bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir hingga kasus demam berdarah.

Nah, untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah pemanasan global, simak informasi di bawah ini, ya.

Langkah-Langkah yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pemanasan Global

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Geografi Kelas 10 SMA: Bagaimana Dampak Pemanasan Global?