Find Us On Social Media :

Cara Melihat Seseorang Intergritas dalam Kehidupan Sehari-hari dan Berorganisasi

Berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar dalam integritas merupakan satu kesatuan yang menjadi tolak ukur pegawai dalam melaksanakan tugas

GridKids.id - Integritas merupakan gambaran diri yang terlihat dari perilaku dan tindakan sehari-hari. 

Sederhananya, integritas adalah kejujuran yang menjadi prinsip dan selalu dipegang teguh.

Integritas memang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai bentuk tanggung jawab, baik untuk tugas, pekerjaan, atau aktivitas sehari-harinya.

Pengertian Integritas

Integritas sendiri berasal dari bahasa latin “integrate” yang artinya seperti berikut ini:

- Sikap tegas untuk tidak ingin korupsi, berpegang teguh pada prinsip, dan menjadi dasar untuk berhubungan dengan diri sendiri sebagai nilai moral.

- Kualitas, sifat, atau kondisi yang menunjukkan satu kesatuan yang utuh  memiliki potensi dan kemampuan untuk memancarkan otoritas, kewibawaan, dan kejujuran.

KBBI mendefinisikan integritas sebagai mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan, kejujuran.

Sehingga integritas sering kali dikaitkan dengan karakter yang dimiliki seseorang.

Konsep Integritas

Konsep integritas ini terbagi ke dalam tiga ranah, yaitu:

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Integritas dalam Diri, Jawaban PPKn Kelas 7 SMP

 1. KejujuranKonsep ini adalah salah satu dimensi utama dalam integritas yang menekankan kepada kesadaran akan pentingnya kebenaran dan bertindak benar.

Sikap jujur terdiri atas aspek empati, engga berprasangka dan rendah hati.2. KonsistensiKonsistensi yang ditunjukkan dalam sikap integritas seseorang adalah konsistensi dalam perbuatannya.