Find Us On Social Media :

Mengenal Planet π, Planet Seukuran Bumi Temuan Misi K2 Kepler

Planet π adalah planet seukuran Bumi yang diketahui mengorbit bintang porosnya 3,14 hari sekali. Apa saja fakta menariknya?

GridKids.id - Planet Bumi hingga kini masih menjadi satu-satunya planet di Tata Surya kita yang memiliki kehidupan di dalamnya.

Ada berbagai temuan tentang planet serupa Bumi atau planet yang berada di zona layak huni yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan dan astronom.

Temuan terbaru tentang planet unik yang memiliki ukuran seperti Bumi adalah Planet π (pi) yang disebut mengelilingi bintang induknya tiap 3,14 hari sekali.

Dilansir dari laman infoastronomy.org, penelitian para astronom berhasil menemukan sinyal dari Planet π berdasar data-data yang terkumpul di 2017.

Data-data itu terkumpul dalam sebuah misi K2 Teleskop Antariksa Kepler yang ada di orbit planet Bumi.

Data ini lalu dimutakhirkan lewat pengamatan SPECULOOS (Search for habitable Planets EClipsing ULtraa-coOL Stars), yang berbasis di Chile, Amerika Selatan.

Sebuah studi yang dimuat dalam The Astronomical Journal berjudul π Earth: A 3.14 day Earth-sized Planet from K2's Kitchen Served Warm by the SPECULOOS Team mengungkap bahwa temuan Planet π ini sangat menarik.

Planet ini awalnya dilabeli dengan nama K2-315b, yaitu sistem planet ke-315 yang ditemukan dalam data K2 Kepler.

Radius K2-315b diperkirakan 0,95 kali radius planet Bumi, sehingga ukurannya kurang lebih seukuran dengan planet Bumi.

Planet π mengorbit pada bintang bersuhu dan bermassa rendah yang punya ukuran sekitar seperlima dari ukuran Matahari, pusat Tata Surya.

Dari pengamatan yang sudah dilakukan, Planet π mengitari bintang porosnya dengan kecepatan 81 km/detik.

Baca Juga: Mengenal TOI 700 e, Planet Seukuran Bumi Laik Huni Temuan NASA