Find Us On Social Media :

PPKN Kelas 8 SMP: Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa artinya pancasila adalah pemberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan

GridKids.id - Kids, setelah kita mengetahui fungsi Pancasila sebagai dasar negara, selanjutnya kita membahas fungsi dan peran pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

Sekarang kita pahami fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, yuk..

Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa atau Way of Life mengandung makna bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila.Mulai dari hal sederhana hidup dalam kerukunan di lingkungan keluarga, sekitar rumah, sekolah, hingga lingkup yang lebih luas seperti antar suku, pulau, dan negara.Setiap aktivitas perlu disesuaikan karena Pancasila sendiri diciptakan dari nilai-nilai yang sudah ada dalam diri bangsa Indonesia.

Nilai-nilai yang dimaksud adalah ketuhanan-keagamaan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan-demokrasi, dan nilai keadilan sosial.

Makna Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila bagi Negara dan Bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan kristalisasi dari pengalaman hidup dalam sejarah panjang bangsa Indonesia yang telah membentuk karakter, perilaku, etika, tata nilai dan norma yang telah membentuk menjadi pandangan hidup bangsa.

Pandangan hidup sendiri adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian dari nilai-nilai luhur.

Artinya, Pancasila merupakan nilai-nilai dasar dan luhur Bangsa Indonesia yang menjadi acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Materi PPKN Kelas 8 SMP: Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup memiliki makna di antaranya:

1. Sila Pertama