Find Us On Social Media :

13 Contoh Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong yang Sesuai dengan Pancasila

Bangsa Indonesia dikenal dengan semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu? Gotong royong sudah ada sejak zaman dahulu, lo.

Hal ini menjadikan bangsa Indonesia dikenal dengan semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama atau tolong menolong, bantu membantu.

Gotong royong merupakan suatu kegiatan saling membantu atau tolong menolong antar sesama tanpa melihat latar belakang yang berbeda.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi gotong royong yang unik, seperti marsialapari di Sumatera Utara, ngayah di Bali, dan sambatan serta sinoman di Jawa Tengah.

Adanya kesadaran semua lapisan masyarakat untuk menerapkan gotong royong maka bisa menciptakan hubungan persaudaraan yang semakin erat.

Gotong royong juga bermanfaat untuk bisa memicu rasa solidaritas di dalam lingkungan masyakarat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tahukah kamu? Gotong royong merupakan sikap yang mencerminkan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Terdapat beberapa nilai-nilai gotong rotong, seperti tolong-menolong, kebersamaan, persatuan, rela berkorban, sosialisasi, dan persatuan.

Kali ini GridKids akan mencari tahu contoh penerapan nilai-nilai gotong royong yang sesuai dengan Pancasila, yuk, simak informasi di bawah ini!

Contoh Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong yang Sesuai dengan Pancasila

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri dan Alasan Pentingnya Gotong Royong di Kehidupan Masyarakat