Find Us On Social Media :

Letak Indonesia Secara Geologis, Materi Geografi Kelas 11 SMA

Letak geologis Indonesia memengaruhi terjadinya fenomena geologis yang terjadi di dalamnya. Seperti apa penjelasannya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Geografi Kelas 11 SMA Bab 1 masih membahas Posisi Strategis Indonesia dan potensi sumber daya alam (SDA).

Dalam materi BDR Geografi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 13-15 membahas tentang letak Indonesia secara geologis.

Setelah sebelumnya kamu sudah diajak membahas pengertian letak astronomis dan letak geografis, kali ini kamu akan membahas letak geologis.

Letak geologis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan oleh struktur batu-batuan di dalam Bumi dan fenomena geologinya.

Letak geologis berkaitan dengan posisi wilayah terhadap lempeng tektonik.

Indonesia dilalui oleh dua pegunungan muda, yaitu sirkum Mediterania di bagian barat dan pegunungan sirkum Pasifik di bagian tengah dan timur.

Pegunungan Sirkum Mediterania adalah hasil dari aktivitas tektonik lempeng yang bergerak ke arah utara.

Pegunungan Sirkum Mediterania memanjang dari Pegunungan Alpen di Eropa, Pegunungan Himalaya di Asia, sampai deretan pegunungan di Pulau Sumatra dan Jawa.

Pegunungan Sirkum Pasifik dikenal dengan daerah Cincin Api Pasifik.

Pegunungan Sirkum Pasifik ini memanjang dari Amerika hingga Selandia Baru, mulai dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, Amerika Utara, Jepang, Filipina, Sulawesi, Banda, hingga ke Selandia Baru.

Lalu, seperti apakah gambaran tentang kondisi geologis Indonesia? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Letak Geografis Indonesia: Pilar dan Aspek Poros Maritim, Geografi Kelas 11 SMA