Find Us On Social Media :

Teleskop Ruang Angkasa James Webb Menangkap Momen Langka Bintang WR-124, Apa Itu?

Fenomena langka Bintang Wolf-Rayet 124 (WR 124) ditangkap oleh teleskop luar angkasa James Webb. Apa saja informasi dari temuan terbaru NASA ini?

GridKids.id - Sebuah pemandangan yang jarang tampak dari bintang Wolf-Rayet adalah hasil observasi pertama yang dilakukan oleh teleskop luar angkasa James Webb pada Juni 2022.

Bintang Wolf-Rayet (WR) adalah bintang besar dengan massa 20 kali lebih masif dari Matahari.

Bintang ini diketahui punya kondisi angin yang kencang dengan kecepatan mencapai 1000 km/detiknya.

Bintang Wolf-Rayet diketahui kekurangan kandungan hidrogen jika dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya di jagat raya.

Kekurangan hidrogen inilah yang menjadi ciri dari bintang berangin kencang ini sehingga mudah dikenali di antara miliaran bintang yang ada di alam semesta.

Dilansir dari nasa.gov, teleskop luar angkasa James Webb menangkap bintang WR 124, dalam detail yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan instrumen-instrumen inframerah.

Jarak bintang WR 124 berada di konstelasi Sagittarius yang berjarak sekitar 15.000 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang-bintang besar terus berpacu selama masa kehidupannya, hanya beberapa di antaranya yang secara singkat melalui fase Wolf-Rayet sebelum akhirnya sampai ke tahap Supernova.

Hal ini pula yang membuat observasi mendetail tentang fase langka ini berharga bagi para astronom.

Bintang Wolf-Rayet berada dalam proses membuang lapisan-lapisan luarnya, yang menghasilkan karakteristik lingkaran cahaya yang terbuat dari gas dan debu.

WR 124 memiliki massa 30 kali lebih besar dari Matahari dan menghasilkan material 10 kali lebih banyak dari yang bisa dihasilkan pusat tata surya kita.

Baca Juga: NASA Temukan 2023DW, Asteroid yang Diperkirakan akan Menubruk Bumi di 2046